CSD: bisnisnya pertelekomunikasian

Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, saya diterima KP di PT. Huawei Tech Investment untuk Departemen Career Solution Development and Marketing (CSD). Saya satu-satunya intern untuk departemen ini. Nggak kayak temen-temen di departemen lain yang teknis banget dan bener-bener nerapin ilmu ke-telkom-an-nya, saya justru lebih banyak ngurusin bisnisnya. Untung udah ngambil makul MRI jadi nggak cupu-cupu banget lah dengan istilah-istilahnya.
Hari Pertama: 
Masih sibuk sana-sini buat ngurus id card sama laptop. Jadi di Huawei ini tiap intern dapet pinjem laptop, laptopnya  Thinkpad T420 core i5 yang konon katanya harganya lebih mahal 3 kali lipat dari laptop pribadi. Sorenya langsung ke ruangan CSD ketemu mentor buat dikasih gambaran bakal dikasih kerjaan apa aja selama 2 bulan ini. Setelah itu dikasih materi ppt buat dibaca-baca yang isinya Subhanallah angka, data, tabel, dan grafik semua :’)
first day KP at Huawei
Hari Kedua:
Dateng sekitar setengah 9 pagi langsung masuk ke ruangan dan ternyata mentor saya udah dateng duluan, agak malu sih kalah dateng duluan. Oiya ruangan saya ini berada di lantai 22, sedangkan semua anak intern Huawei lainnya di lantai 20 yang kebanyakan bagian teknisnya. Di lantai 22 ini istilahnya bagian executive-nya gitu lah hehe, dan ruangan saya itu namanya ruangan CSD even meja saya sebelahan sama meja Marketing Director-nya Huawei namanya Mr.Mark, orangnya ramah banget ga kayak expatriat-expatriat yang sebagian besar memenuhi gedung ini. Di hari kedua udah dapet kerjaan buat baca annual report semua oerator seluler di Indonesia. Huft banyak banget. Tapi karena tugasnya begituan jadi dapet koneksi internet deh. Maklum, koneksi di Huawei ini memang sangat dibatasi demi kerahasiaan dokumen perusahaan. Abis baca, disuruh bikin semacam analisis perkembangan tiap perusahaan itu. Nguing nguing… mata kuliah ET yang nyambung dikit-dikit cuma Rektraf nih, lainnya ga ada, apalagi Antena atau Elkom hahaha…
Hari Ketiga:
Alhamdulillah dateng lebih pagi dari mentor, pagi-pagi gini ada pemandangan orang lagi ngebersihin kaca jendela gedung di luar, serem banget -,- sambil nungguin mentor dateng kerjaan saya ngeliatin kemacetan Jalan Sudirman di bawah sama mengamati expatriat-expatriat yang super nerd baru dateng udah langsung mantengin laptop tanpa kedip, nanti deh kalo udah ada HP saya fotoin pemandangannya oke banget hehe. Mentor datang, kerjaanpun datang. Lagi-lagi harus ‘ngepoin’ web-nya operator seluler, kali ini analisis produk-produk mereka. Siangnya mentor saya pergi meeting sama Mr.Mark ke XL sampe sore. Akhirnya seharian itu waktu saya dihabiskan untuk ‘ngepoin’ web Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren, Axis, dan 3, sambil googling-googling dan chat eSpace (chat internal Huawei) tentunya :3 Oiya karena HP saya kemarin ilang dan gabisa akses watsap/twitter/facebook jadi satu-satunya media komunikasi ya eSpace ini. Trus pas sore-sore expariat-expatriat yang duduk di belakang saya ini tiba-tiba diskusi gontok-gontokan kayak mau berantem pake bahasa cina yang ga saya ngerti… Aduh penuh rasanya kuping ini -,-

Sudah tiga hari KP disini tapi masih belum terbiasa sama suara-suara berbahasa asing yang lumayan annoying itu sih… Sejauh ini waktu yang selalu ditunggu-tunggu adalah jam makan siang dan jam pulang kantor tentu saja hahaha walaupun di jam-jam itu lift jadi super rame dan super penuh dengan suara-suara cing cong cing cong yang kayak suara kerumunan lebah itu hahaha :p

Salam Kerja Keras dari Huawei!
Jakarta, 6 June 2013
Hesti Nuraini

2 respons untuk ‘CSD: bisnisnya pertelekomunikasian

Tinggalkan komentar